IMF Tegaskan Indonesia Sudah Tidak Punya Utang, Jokowi Salah

1836Eramuslim.com -Pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan seskab Andi Widjojanto soal Indonesia masih mempunyai utang pada International Monetary Fund (IMF) ditanggapi oleh Senior Residence Representative Indomesia IMF, Benedict Bingham. Dalam surat elektroniknya, Benedict mengatakan Indonesia memang sudah terbebas dari utang. Utang terakhir Indonesia tercatat SDR 1,98 miliar atau US$ 2,8 miliar, dan sudah dibayar seluruhnya.
“Indonesia sudah tidak punya kewajiban pinjaman lagi ke IMF. Hal tersebut juga sesuai dengan rilis Bank Indonesia soal statistik utang luar negeri pemerintah,” ucap Benedict (29/4).
Hal senada juga diungkapkan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). JK menegaskan Indonesia tidak memiliki utang lagi ke IMF. Semua utang ke lembaga keuangan tersebut sudah dilunasi pada 2006 saat dirinya menjadi Wapres di era Presiden SBY.
“Ya memang kalau utang kita di IMF itu terjadi saat krisis 1998 sebesar US$ 25 miliar. Nah itu memang jelas sudah kita lunasi pada 2006, saya sendiri waktu itu sebagai Wakil Presidennya,” ucap JK kepada wartawan, Rabu (29/4).(rz)