Menag Akui Depag Salah Satu Departemen Terkorup

 

Menteri Agama, Suryadharma Ali, mengakui bahwa ada persepsi di masyarakat bahwa Departemen Agama (Depag) adalah salah satu departemen terkorup. Hal ini disampaikannya dalam pembukaan Rapat Koordinasi Kebijakan Pengawasan 2009 di Jakarta, Kamis (12/11/09) malam.

Rapat yang dihadiri oleh 33 Kepala Kantor Wilayah Depag dan 440 Kepala Kantor Depag tersebut digelar dalam rangka mengevaluasi pelayanan Depag kepada masyarakat. Menag mengharapkan agar pelayanan Depag kepada masyarakat dapat lebih maksimal.
“Bila semula mejanya panjang, perpendek mejanya. Jika semula berbelit-belit, hendaknya dipermudah,” ujar Suryadharma Ali yang masih menjabat sebagai Ketua Umum DPP PPP.

Tahun ini, Depag mendapat suntikan dana sebesar Rp27 trilyun. Di dalam pengelolaan dan pemeriksaan keuangan departemen tersebut, Menag berharap laporan keuangan Depag berubah menjadi wajar tanpa pengecualian pada tahun 2012. Namun, ia tetap berharap Inspektorat Jenderal Depag dapat merealisasikannya selambat-lambatnya pada tahun 2011.

Suryadharma pun menyinggung hal tersebut sebagai tantangan bagi departemen yang dipimpinnya.
”Tantangan yang dihadapi Depag dari tahun ke tahun semakin meningkat. Suka atau tidak suka, senang atau tidak senang, belakangan ini ada persepsi di masyarakat bahwa Depag adalah salah satu departemen yang paling korup,” ujarnya menyayangkan. (Ind)

foto: Vivanews