Panglima Perintahkan 3 Sukhoi TNI-AU Siaga Di Bali

sukhoiEramuslim.com – Panglima TNI Jenderal Moeldoko memerintahkan TNI-AU untuk mengirim tiga pesawat  jet tempur Sukhoi lengkap dengan sistem persenjataannya dari Lanud Hasanudin, Makassar ke Lanud Ngurah Rai, Bali. Selain itu, sebuah pesawat Hercules juga ikut didatangkan untuk kebutuhan pengamanan dan mengangkut kru pesawat Sukhoi.
Danlanud Ngurah Rai, Kolonel Sugiarto PW, menjelaskan ketiga pesawat tempur Sukhoi telah tiba Minggu pagi (22/2).
“Ini instruksi pimpinan, untuk pengamanan wilayah. Tidak hanya menyangkut persoalan pengamanan dua terpidana mati Bali Nine,” kata Kolonel Sugiarto.
Dirinya mengatakan belum berani memastikan bahwa tiga pesawat tempur jenis TS ini didatangkan khusus untuk pengawasan perbatasan terkait akan diberangkatkannya Andrew Chan dan Myuran. Namun dia juga tidak menampik kalau pengamanan terpidana mati dua warga Australia ini mendapat perhatian khusus.
“Ini tidak serta merta khusus untuk pengawalan atau menjaga dua terpidana asing yang akan dieksekusi hukuman mati. Tetapi lebih fokus pada pengawasan perbatasan wilayah Indonesia di Bali,” jelasnya.
Sebelumnya sudah beberapa kali Panglima TNI Jenderal Moeldoko menegaskan TNI mendukung penuh langkah pemerintah Indonesia soal hukuman mati. TNI sudah menyiapkan kekuatan mengantisipasi jika ada negara asing macam-macam.(rz)