Pelaksanaan Nawacita: Di Twitter Ajak Beli Produk Lokal, Namun Dia Sendiri Beli Produk Asing

jokowi produk lokalEramuslim.com – Komisi I DPR menyarankan Presiden Joko Widodo (Jokowi) membeli helikopter dari industri pertahanan lokal. Saran itu diberikan Komisi I menanggapi rencana Presiden membeli helikopter baru jenis Agusta Westland AW-101 asal Italia guna menggantikan helikopter yang lama jenis Super Puma asal Perancis.
“Inilah saatnya menunjukkan keberpihakkan kepada industri pertahanan kita, jangan beretorika. Kalau presiden ragu akan produksi dalam negeri, justru itu akan menjadi pretensi yang buruk bagi calon pemakai,” kata Wakil Ketua Komisi I DPR Tantowi Yahya kepada wartawan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin 23 November 2015.
Menurut Tantowi, jika pembelian helikopter industri lokal dijadikan pilihan oleh presiden maka menjadi wujud nyata pembelaan industri pertahan Indonesia dan juga pilihan yang strategis.
“Akan sangat elok dan bermakna bila Presiden memulai itu. Jadi harus ada keberpihakan kalau mau maju,” ujar politikus Partai Golkar itu.
Tantowi menjelaskan, mekanisme pembelian helikopter ini melalui instrumen kepresidenan yakni Sekretariat Negara (Setneg), dan Setneg. Kedua lembaga itu, kata dia, tidak bermitra dengan Komisi I sehingga Komisi I tidak pernah membahas ini. Dalam hal ini, Setneg akan berdiskusi dengan TNI.
“Kita sendiri belum pernah membicarakan soal ini karena tidak bermitra,” tandasnya.
Dalam berbagai kesempatan, Jokowi mengajak seluruh anak bangsa untuk memakai dan membeli produk lokal agar bisa memperkuat ketahanan nasional, tapi entah kenapa dia sendiri ketika ingin helikopter malah mau membeli dari asing. Bisa jadi karena Jokowi lupa. Atau mungkin dia lelah… (ts/sindonews)