Program Tax-Amnesty Gagal, Jokowi Akan Ngutang Lagi

jokowi-ngutang-1-1Eramuslim.com – Pemerintah menargetkan adanya uang tebusan Rp 165 triliun yang masuk sebagai penerimaan pajak, dari program tax amnesty atau pengampunan pajak. Bila tak tercapai, defisit anggaran bakal naik dan utang pasti akan bertambah.

Hal ini disampaikan oleh Dirjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan, Robert Pakpahan, ditemui di Hotel Grand Hyatt, Jakarta, Senin (29/8/2016).

“Kalau kalian mengikuti rapat di kabinet kan tahu, itu diperkirakan defisit akan outlook-nya pada level 2,5% dari PDB. Ya sudah sampai situ saja pemerintah mengira itu angka yang aman,” jelas Robert saat ditanya bila tax amnesty tidak mencapai sasaran.

Jadi Kementerian Keuangan hanya bisa menahan defisit sampai batas 2,5% dari PDB. Bila melebihi, maka pemangkasan anggaran kemungkinan akan dilakukan kembali.

Sebelumnya, Robert pernah mengatakan, total Surat Berharga Negara (SBN) yang diterbitkan pemerintah pada tahun ini diperkirakan mencapai Rp 628 triliun (gross). Ini sudah termasuk rencana pelebaran defisit anggaran dari 2,35% menjadi 2,5% terhadap PDB.

Untuk diketahui, data terakhir per Agustus 2016, posisi utang pemerintah Indonesia sudah tembus Rp.4.300 Triliun! (ts/pm)