SBY : WNI Jangan Libatkan Diri dalam Masalah Politik Mesir

Redaksi – Kamis, 26 Sya'ban 1434 H / 4 Juli 2013 10:24 WIB

sby2Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meminta Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Mesir untuk menghindari tempat-tempat berbahaya dan tidak melibatkan diri dalam urusan domestik Mesir.

Pesan itu disampaikan oleh Presiden melalui akun jejaring sosial Twitternya, @SBYudhoyono di Jakarta, Kamis (4/7), pascaperistiwa penggulingan Presiden Mesir Muhammad Mursi.

SBY menyebut peristiwa itu sebagai suatu hal yang mengejutkan dunia termasuk Indonesia dan berharap transisi demokrasi di Mesir bisa berlangsung baik dan damai.

SBY mengungkapkan pada 2011 lalu di Bali, Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama dan mantan Menlu AS Hillary Clinton meminta pandangannya tentang prospek demokratisasi di Mesir.

“Saya katakan pada Obama dan Hillary, peran militer sangat menentukan dalam transisi demokrasi. Hal ini juga berlaku di Mesir,” katanya.

Kepada Obama, SBY mengatakan jika dulu militer Indonesia mendukung penuh demokratisasi, seraya melakukan reformasi internal.

“Saya telah pula sampaikan pendapat serupa pada banyak kepala negara terkait perbandingan transformasi politik di Mesir dengan pengalaman RI,” ujarnya.

SBY menilai bangsa yang baru mengalami perubahan politik yang dramatis harus menjalankan rekonsiliasi. “Tak bijak lakukan pembersihan habis-habisan,” imbaunya. (RoL/HK)

Berita Nasional Terbaru

blog comments powered by Disqus