Sucofindo: Ini Cara Bedakan Beras Plastik Dengan Beras Asli

berasEramuslim.com : PT Sucofindo, badan usaha milik negara (BUMN) yang melakukan pengujian beras sampel dari Pasar Mutiara Gading Timur, Bekasi meminta masyarakat untuk lebih teliti dalam membeli beras di pasar. Namun peneliti Sucofindo memastikan cukup berbekal pandangan mata saja, masyarakat bisa mengetahui keaslian beras yang akan dibelinya tersebut.
Adisam, Kepala Bagian Pengujian Laboratorium Sucofindo di Cibitung, Bekasi, Jawa Barat menjelaskan langkah pertama yang harus dilakukan calon pembeli beras adalah meletakkan beras tersebut di atas kertas atau meja.
“Setelah itu pilah. Kalau ada bentuk beras yang tidak memiliki lengkungan di bagian ujung, tidak ada titik putih di tengahnya, lalu cenderung lebih bersih dibanding beras lainnya maka itu bisa dikategorikan sebagai beras palsu,” ujar Adisam dikutip dari Kantor Berita Antara (21/5).

Selain ciri fisik yang bisa diketahui kasatmata, masyarakat bisa melakukan pengujian lain jika belum yakin atas keaslian beras yang dibelinya.
Adisam meminta masyarakat untuk memperhatikan air yang bekas digunakan untuk mencuci beras. Menurutnya, jika beras tersebut asli maka biasanya masih ada sisa sekam atau warna air menjadi berwarna putih kapur. Sementara air cucian beras plastik tidak akan banyak mengalami perubahan.
“Kemudian ketika di masak, beras plastik cenderung menggumpal meski telah lama dimasak,” katanya.(rz)