Sudah Kuasai Timor Leste, Cina Akan Kuasai Indonesia?

Jokowi china_FNEramuslim.com – Timor Leste kini telah berada dalam hegemoni RRC. Setelah Pemerintah China banyak memberikan bantuan modal kepada pemerintah Timor Leste untuk pembangunan infrastruktur nya, tentu harus ada take and give dibalik itu semua; bukan hanya rencana awal yang hanya pembangunan sistem radar China di Timor Leste tetapi juga pembangunan Pangkalan Militer nya disana

Perlu diketahui semua, pembangunan disegala bidang di Timor Leste kini semuanya dikuasai oleh perusahaan China termasuk pembangunan basis militer milik Timor Leste sendiri, ditambah kemudahan pembelian alutsista produk China kepada pihak Milter Timor Leste

Beijing telah memberikan jutaan dolar AS untuk membangun istana kepresiden baru, kantor kementerian luar negeri, dan markas besar militer Timor Leste, dan bagian yang paling disorot media Australia adalah pembelian kapal patroli kelas Shanghai buatan 1960an oleh Timor Leste seharga 25 juta dolar AS, yang dikhawatirkan Australia sebagai meningkatnya kerjasama militer Beijing dan Dili.

Timor Leste kini telah berubah, China menjadi sahabat dekat mereka, Perdana Menteri sekaligus Menteri Pertahanan Timor Leste, Xanana Gusmao menyatakan pihaknya terbuka bagi kehadiran armada Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China di wilayahnya.

”Saya ditanya hal yang sama saat berada di Australia. Kami terbuka dan sebagai negara kecil tentu menyambut baik pihak-pihak yang bersahabat,” kata Xanana di Kementerian Pertahanan, Jakarta, Senin (10/2/2014).

Xanana sebelumnya ditanya soal kesiapan Timor Leste membuka pangkalan bagi armada China atau fasilitas logistik dan perbaikan kapal bagi armada China yang sedang membangun kekuatan lintas benua, dan mengatakan sudah menyiapkan tempat untuk pangkalan tersebut

China membangun Pangkalan Militernya di Timor Leste, bukan tak mungkin sumber daya milik Timor Leste kini sudah siap diambil alih oleh pemerintah China.

Setelah menguasai Timor Leste, sepertinya RRC terus melakukan ekspansi dengan ingin menguasai Indonesia. Berbagai indikasi dan fakta yang ada di lapangan memang menunjukkan hal itu. Akan diamkan kita negeri kaya raya ini diambil alih oleh mereka?(rz)