Ngabuburit Ke Turki: Melihat Koleksi Jubah Nabi Muhammad ﷺ

jubah nabi muhammadEramuslim – Masjid HIrka-I Serif Camii yang terletak di distrik Fatih, Istanbul, Turki, kembali ramai di kunjungi ratusan ribu pengunjung Muslim dari mancanegara untuk melihat jubah milik kanjeng Nabi Muhammad ﷺ yang hingga kini awet tidak termakan usia dan zaman.

Sejarah mencatat jubah berwarna putih tersebut dibawa oleh Sultan Selim I (sultan kesembilan dari Kekaisaran Ottoman yang ebrkuasa dari tahun 1512 sampai 1520 Masehi) ke ibukota Istanbul pada tahun 1516 Masehi.

Pihak pengelola Masjid HIrka-I Serif Camii menjelaskan bahwa salah satu keistimewaan jubah milik kanjeng Nabi Muhammad ini adalah bebas dari mikroba ataupun serangga apapun yang dapat merusak kain.

Sejumlah pengunjung yang datang ke Masjid HIrka-I Serif Camii dan melihat jubah ini menuturkan bahwa dirinya serasa kembali ke zaman Nabi Muhammad di utus pada 1437 tahun yang lalu, seperti dilansir Anatolia.

Masjid HIrka-I Serif Camii dibangun tahun 1851 Masehi selam 4 tahun dengan menggunakan gaya konstruksi yang dipengaruhi arsitektur bangunan barat. (Anatolia/Ram)