9 Bulan Mendatang, Palestina-Israel Teken Kesepakatan Damai Tanpa Hamas Dan Jalur Gaza

US-ISRAEL-PALESTINIANS-PEACE-DIPLOMACYMenteri Luar Negeri AS John Kerry dalam konferensi pers di Washington, selasa kemarin, mengatakan bahwa perundingan damai Palestina-Israel akan dilanjutkan dalam waktu dua minggu kedepan di wilayah Israel atau Palestina.

“Semua isu akan dibahas di meja perundingan dengan satu tujuan sederhana yaitu mengakhiri konflik yang berkepanjangan” ujar Kerry.

Kerry juga menambahkan bahwa kedua belah pihak menegaskan komitmen mereka untuk melanjutkan upaya negosiasi pada isu-isu kunci, dan setuju untuk merahasiakan isi dari negosiasi tersebut.

Hal ini menjadikan Kerry satu-satunya orang yang bisa berkomentar di depan publik tentang jalannya perundingan damai kedua belah pihak.

Sebelumnya negosiator dari Israel dan Palestina bertemu di Washington, Amerika Serikat, pada senin kemarin, untuk melangsungkan pembicaraan awal perundingan damai keduanya.

Dari pertemuan tersebut, kedua belah pihak sepakat untuk membuat perjanjian damai dalam sembilan bulan ke depan. (Aljazeera/Zhd)