Bulan Mei Hamas Dan Fatah Akan Bertemu Di Qatar Untuk Bicarakan Upaya Rekonsiliasi

Hamas dan FatahEramuslim – Seorang anggota komite tinggi Fatah, Azzam al-Ahmad, mengungkapkan rencana pertemuan Hamas dan Fatah di ibukota Doha pada awal bulan Mei mendatang untuk melanjutkan pembicaraan upaya rekonsiliasi Palestina.

“Pertemuan lanjutan akan membahas penyelesaian langkah-langkah penerapan mekanisme perjanjian rekonsiliasi, pembentukan pemerintah persatuan nasional dan penetapan tanggal untuk pemilihan legislatif serta presiden,” ujar Azzam al-Ahmad kepada pers pada hari Kamis (28/04) kemarin tanpa mau menyebutkan kapan tanggal pertemuan.

Azzam al-Ahmad berharap babak ketiga upaya rekonsiliasi Hamas-Fatah akan menjadi pertemuan terakhir kedua organisasi agar dapat segera membentuk pemerintahan persatuan Palestina.

Sebelumnya di bulan Maret kemarin ibukota Doha telah menjadi tuan rumah 2 kali pertemuan Hamas-Fatah membahas mekanisme pelaksanaan rekonsiliasi dan hambatannya.

Perlu dicatat bahwa penandatangan rekonsiliasi Palestina ada 23 April 2014 tertunda setelah Otoritas Abbas menunda pelaksanaan butir-butir kesepakatan karena takut nantinya Hamas akan berkuasa di wilayah Tepi Barat. (Aljazeera/Ram)