Diam-Diam Abbas Adakan Perundingan Rahasia Dengan Zionis-Israel

Netanyahu-AbbasEramuslim – Surat kabar kenamaan Zionis Israel, Haaretz, mengungkapkan adanya pertemuan rahasia antara Mendagri Israel Silvan Shalom dengan kepala negosiator Palestina, Saeb Erekat, di ibukota Yordania pada hari Kamis (23/07) pekan lalu.

Dalam pemberitaanya hari Selasa (28/07) kemarin, Haaretz menyatakan bahwa pertemuan rahasia tersebut diselenggarakan atas insiatif pribadi tanpa mengambil posisi resmi dari pemerintahan Zionis Israel maupun Palestina, meskipun Abbas dan Netanyahu mengetahui adanya pertemuan tersebut.

Menurut informasi yang didapat dari sumber terpercaya kepada Hareetz mengatakan bahwa pertemuan 2 jam tersebut membahas langkah awal kedua negara untuk memulai kembali dialog perundingan damai yang terhenti sejak bulan April tahun 2014 lalu.

Sumber tersebut melanjutkan, “Abbas dan Netanyahu sebenarnya mengetahui pertemuan tersebut, akan tetapi keduanya diam karena masing-masing delegasi tidak mewakili pemerintahan.”

“Amerika Serikat bahkan tidak tahu mengenai pertemuan rahasia ini baik sebelum maupun sesudahnya pertemuan berlangsung,” tambah sumber tersebut.

Sementara itu ketika dikonfirmasi berita tersebut, Mendagri Silvan Shalom mengakuinya dan mengatakan bahwa “Kami ingin melanjutkan perundingan segera dan tanpa pembatasan atau syarat,” tanpa mau mengungkapkan rincian lebih lanjut mengenai isi pertemuan tersebut.

Mendagri Silvan Shalom ditunjuk secara resmi oleh Netanyahu sebagai juru runding pemerintahan Zionis Israel dengan Palestina, dua pekan setelah dilantik kabinet baru pemerintahan Tel Aviv pada awal bulan Mei lalu. (Almasryalyoum/Ram)