Dilema Tentara Yahudi: Untuk Tuhan Ataukah Negara?

Mengapa sekarang para rabbi Yahudi sepertinya aktif sekali terjun dalam militer Israel? Bukan sekali dua, para rabbi itu memberikan “fatwa” kepada para prajurit Yahudi. Isi fatwanya selalu hampir sama; yaitu menghabisi orang-orang Palestina.

Namun ternyata, toh di lapangan tidak seperti itu. Saat ini, banyak tentara Israel yang kebingungan dalam menjalankan perintah negaranya. Pasalnya, selalu ada embel-embel “perintah Tuhan” dalam setiap komando.

Ungkapan "loyalitas ganda" umumnya digunakan untuk merujuk kepada orang-orang Yahudi yang ditinggal di Barat yang harus memutuskan apakah mereka mendukung Israel, atau negara asing di mana mereka berada.

Tapi sekarang, ini dilema yang sama sedang terjadi di antara para prajurit IDF, yang semakin diminta untuk memilih antara kekekalan perintah militer, dan kewajiban agama mereka. Ini sama sekali bukan fenomena baru. Selalu terjadi tarik-menarik antara perang dan dan agama.

Masalah ini telah menjadi jauh lebih akut sejak tahun 2005 – ketika tentara Israel berpartisipasi dalam penggusuran penduduk Yahudi dari Gaza. Ketika itu, banyak tentara Yahudi yang menolak melaksanakan tugasnya. Tanda-tanda penolakan itu dikeluarkan dengan semacam sikap; mereka menolak jika diminta, untuk menjadi bagian dari semacam misi tertentu Israel.

Lebih jauh lagi, banyak dari tentara ini adalah lulusan dari instansi agama rabi yang terkemuka dan telah terang-terangan mengutuk pemukiman ilegal. Dengan demikian tentara sekarang harus membuat pilihan yang menyakitkan antara mengikuti perintah rabi yang mereka hormati, atau komandan kompi mereka.

Di sisi lain, menolak untuk mengikuti perintah memiliki konsekuensi serius. Pertama dan paling utama, hal itu dapat merusak sistem keseluruhan disiplin yang di atasnya tergantung tentara mana pun. Bereaksi tanpa pertanyaan atau ragu-ragu terhadap arahan tidak hanya mempertahankan komandan barisan, tapi juga untuk menyelamatkan diri.

Dalam hal ini, para prajurit Yahudi itu menghadapi dilema. Bahkan, beberapa media massa terkemuka Israel, menyatakan mengapa memberi begitu banyak tekanan kepada tentara mereka sendiri?

Tentara Israel selalu menjadi "penyeimbang besar" dalam bangsa Israel, bersatu di seluruh etnis, usia dan gender dalam membela seluruh rakyat. Hal ini selalu menjadi satu, rusak lembaga yang naik di atas politik kecil untuk membentuk dinding pelindung terhadap Israel yang memiliki banyak musuh. (sa/jp)