Hamas: Kami Tidak Akan Sentuh Bantuan AS Untuk Palestina

emimpin politik Hamas di pengasingan Khalid Misy’al pada Jumat kemarin (11/6) mengatakan bahwa gerakan Islam Hamas yang berkuasa di Jalur Gaza tidak akan menyentuh sedikitpun uang sebesar 400 juta dolar yang dijanjikan oleh pemerintah AS untuk rakyat Palestina.

"400 juta dolar yang ditawarkan oleh (Presiden AS Barack) Obama tidak untuk Gaza tetapi untuk Otoritas Palestina yang akan mendistribusikan dana tersebut sebagian untuk Gaza, tapi tidak untuk Hamas," kata Misy’al dalam sebuah konferensi pers di ibukota Sudan.

"Uang itu akan diberikan kepada (perdana menteri Palestina) Salam Fayyad di Tepi Barat yang diduduki, katanya.

Pada hari Rabu sebelumnya, Obama mengumumkan paket bantuan sebesar 400 juta dolar untuk Tepi Barat dan Gaza, dan mengatakan Amerika menunjukkan komitmennya untuk meningkatkan kehidupan rakyat Palestina.

Setelah bertemu dengan Presiden Palestina Mahmud Abbas di Gedung Putih, Obama menggambarkan situasi di Jalur Gaza, yang ia anggap telah terperosok dalam krisis kemanusiaan selama di blokade Israel, tetapi juga mengatakan dia masih percaya adanya kemajuan signifikan untuk menuju perdamaian Timur Tengah dalam tahun ini.

Misy’al pada hari Jumat kemarin juga mendesak negara-negara Arab dan Muslim untuk memberikan lebih banyak bantuan kemanusiaan untuk mematahkan blokade Israel terhadap Jalur Gaza yang miskin, di mana lebih dari 1,5 juta warga Palestina tinggal.

Misy’al memulai kunjungan empat hari ke Sudan pada hari Rabu lalu, di mana ia telah berbicara dengan Presiden Umar al-Bashir.

Sudan tahun lalu memulai upaya mediasi antara Hamas dan faksi Fatah setelah Abbas mengunjungi Khartoum.(fq/aby)