Hamas Lakukan Simulasi Serangan Pasukan Israel terhadap Armada Bantuan

Pemerintahan Hamas dan pasukan keamanan Gaza melakukan sebuah manuver pelatihan di pelabuhan Gaza Kamis lalu dalam persiapan untuk menyambut kedatangan armada bantuan kemanusiaan Turki bulan depan.

Puluhan orang ambil bagian dalam latihan ini, termasuk penyelam dan tenaga medis yang melakukan pelatihan simulasi dalam beberapa skenario.

Para peserta melakukan simulasi sebuah pengambilalihan sebuah kapal oleh pasukan Israel dan beberapa aktivis Hamas memainkan peran komando Angkatan Laut Israel. Dalam skenario lain, Hamas melakukan simulasi operasi penyelamatan yang melibatkan orang yang dibuang ke laut.

Deputi Menteri Dalam Negeri dalam pemerintahan Hamas Kamil Abu Madi yang menghadiri simulasi pelatihan itu menyatakan pujiannya terhadap solidaritas rakyat Turki terhadap Gaza. "Darah orang-orang Turki bercampur dengan darah rakyat Palestina," katanya menegaskan.

Armada Kebebasan kedua dari IHH yang rencananya berangkat minggu depan namun ditunda akhir/pertengahan bulan Juni, disebabkan karena adanya pemilu Turki yang ditetapkan berlangsung pada awal Juni.

Pekan lalu, kepala IHH Bulent Yildirim menyatakan bahwa sekitar 1.500 aktivis dijadwalkan untuk mengambil bagian dalam armada yang akan mencakup 15 kapal yang akan berlayar menuju Gaza.(fq/ynet)