Hamas: Pemilu Lokal Akan Jadi Pembuka Jalan Untuk Persatuan Konsensus Nasional

HamasEramuslim – Organisasi perjuangan Islam “Hamas” menyatakan optimis pemilu Dewan Lokal yang akan dilangsungkan pada 8 Oktober mendatang akan menjadi pembuka jalan bagi rekonsiliasi pemerintahan persatuan Palestina.

Pernyataan ini dikatakan salah seorang petinggi penting Hamas, Anwar al-Zabun, kepada surat kabar Masry al-Youm pada hari Selasa (26/07) kemarin, ditengah persiapan Hamas dalam penentuan calon anggota Dewan Lokal Palestina yang berasal dari kalangan teknokrat.

“Organisasi tidak ini menyia-nyiakan pemilu Dewan Lokal sebagai sarana untuk mempersatukan semua faksi perjuangan dalam rangka melayani rakyat Palestina,” ujar Anwar al-Zabun.

Anwar al-Zabun percaya bahwa langkah Hamas mencalonkan para teknokrat diluar anggota organisasi merupakan suatu kebutuhan nyata untuk menempatkan seseorang ditempat dan jabatan yang tepat, seraya menegaskan bahwa organisasinya menginginkan persatuan nasional Palestina di atas kekuasaan kursi-kursi di dewan.

Menurutnya, keberhasilan pemilu Dewan Lokal akan membuka jalan bagi pemilihan parlemen, presiden dan legislatif di tahun-tahun mendatang, setelah terjadinya perpecahan nasional akibat kemenangan Hamas di pemilu tahun 2006 lalu. (Almasryalyoum/Ram)