Ini Syarat Penting Jika Zionis Israel Ingin Normalisasi Hubungan Dengan Negara-Negara Arab

Netanyahu-AbbasEramuslim – Otoritas pemerintah Mahmoud Abbas menegaskan bahwa pengakuan negara Palestina dan berakhirnya penjajahan Zionis Israel menjadi syarat utama bagi pemerintah Tel Aviv jika menginginkan normalisasi hubungan dengan negara-negara Arab

Pernyataan ini dikeluarkan Otoritas pemerintah Abbas dalam keterangan pers pada hari Selasa (26/07) kemarin, menanggapi keputusan akhir yang dikeluarkan negara-negara Arab dalam KTT ke 27 di ibukota Mauritania, Nouakchott.

Dalam keterangannya di kota Ramallah, Otoritas Abbas juga menyatakan dukungan penuh terhadap inisiatif perdamaian Perancis mengenai permasalahan Palestina, serta minta negara-negara Arab untuk mendukung inisiatif tersebut.

Selain itu Abbas juga meminta bangsa Arab untuk lebih giat mendorong perundingan damai Palestina atas dasar prinsip Madrid serta aturan hukum internasional dan resolusi PBB yang relevan.

Selain menghadapi masalah eksternal akibat penjajahan Zionis Israel dan lemahnya dukungan negara-negara Arab, Palestina juga sedang dilanda konflik internal yang tidak berkesudahaan semenjak Hamas memenangkan Parlemen dalam pemilu tahun 2006.  (Dostor/Ram)