Ismail Haniyyah: Imam Tarawih Favorit di Gaza

Luar biasa sosok Perdana Menteri Palestina Ismail Haniyyah ini. Pribadinya benar-benar hadir, dekat, dan dicintai sepenuh hati oleh rakyatnya. Tak hanya itu saja, Haniyyah juga menjadi imam tarawih favorit bagi masyarakat Gaza selama bulan Ramadhan.

Banyak masyatakat Gaza yang sengaja mengikuti shalat tarawih dengan berkeliling masjid yang diimami oleh Abu al-‘Id Ismail Haniyyah, sang Perdana Menteri. Seperti halnya Abu Adham (42), salah satu penduduk Gaza, yang mengaku setiap malam-malam Ramadhan selalu berusaha untuk mengikuti shalat tarawih yang diimami oleh Haniyyah.

"Saya suka bacaan al-Qur’annya yang tartil dan indah, meresap ke dalam hati," aku Abu Adham.

Sejak Haniyyah menjabat sebagai Perdana Menteri sejak 2006 silam, dirinya memang sering mengimami shalat, termasuk shalat tarawih. Aktivitas mulia ini tidak ia tinggalkan meski pun dirinya sudah menjadi PM Palestina. Bahkan, masyarakat Palestina, khususnya Gaza, sangat senang bila yang menjadi imam shalat mereka adalah Haniyyah.

"Semua orang sangat suka berjama’ah di belakangnya, mulai dari anak-anak, pemuda, kaum wanita dan para orang tua. Suaranya khidmat," aku Mu’adz, pemuda Gaza yang juga selalu "berburu" tarawih yang diimami oleh Haniyyah.

Jika PM Haniyyah mengimami jama’ah di sebuah masjid, maka bisa dipastikan jama’ahnya sangat banyak, meluber hingga ke luar dan jalan-jalan.

"Meski sesak dan penuh, tapi saya sangat suka diimami oleh Haniyyah. Saya suka suaranya yang mampu menghadirkan nuansa khidmat dan damai," aku Haji Abu Sa’d (72).

PM Haniyyah memang fasih dan bagus bacaan al-Qur’annya. Ia mendapatkan ijazah qira’ah Imam Hafsh dari Ashim dari Rasulullah dari Syaikh para Qari’ Palestina di Gaza Abdur Rahman al-Jamal, yang juga meraih gela]r doktor qira’at dari Makkah al-Mukarramah. (L2/iol)