Kapal Estelle yang Menuju Gaza Dilaporkan Diserang Militer Israel

Sebuah kapal yang mengangkut aktivis pro-Palestina yang berusaha menembus blokade angkatan laut Israel di Gaza telah “diserang” tak lama setelah didekati oleh kapal Israel, seorang juru bicara aktivis mengatakan kepada AFP, Sabtu ini (20/10).

“Kapal Estelle kini diserang – Saya hanya punya pesan dari mereka melalui telepon,” kata Victoria Strand, juru bicara kampanye Swedia Kapal ke Gaza yang berbasis di Stockholm kepada AFP.

“Beberapa waktu lalu, mereka mengatakan bahwa mereka didekati oleh kapal militer Israel yang mengikuti mereka, tetapi kami tidak tahu persis apa artinya ketika mereka mengatakan kapal mereka diserang, katanya dari kapal yang membawa lima anggota parlemen dan seorang mantan anggota parlemen Kanada.

Militer Israel menegaskan bahwa angkatan laut mereka berada di sekitar kapal MV Estelle tetapi membantah kapal telah diserang atau mereka naik ke atas kapal.

“Angkatan Laut Israel telah berusaha untuk membuat kontak awal dengan mereka, tetapi mereka tidak menjawab dan tidak ada lagi yang terjadi pada tahap ini,” kata seorang juru bicara militer Israel.

Ketika ditanya apakah ada upaya yang telah dilakukan untuk menghentikan atau naik ke Estelle, dia berkata: “Tidak pada saat ini.”(fq/afp)