Khaled Mesh’al: Pemilu Pemimpin Baru Hamas Digelar Bulan April Tahun 2017 Mendatang

khaled-meshaalEramuslim – Kepala biro politik Perlawanan Islam Gerakan “Hamas”, Khaled Mashaal, menegaskan bahwa dirinya tidak akan ikut dalam pemilu pemimpin Hamas mendatang, dan meminta maaf atas kekeliruannya memerintah Jalur Gaza sendirian setelah berpisah dengan Fatah.

Pernyataan ini dikatakan langung oleh Khaled Mashaal dalam “seminar transisi gerakan Hamas” pada Sabtu (24/09) malam, yang digelar Al Jazeera Studi Center di ibukota Qatar, Doha, bersama Ismail Haniya.

“Tahun depan Hamas akan mengadakan pemilihan internal dalam gerakan untuk memilih kepala biro politik baru Hamas. Seperti Ismail Haniyeh yang telah menjadi mantan Perdana Menteri Palestina, maka tidak apa-apa jika Khaled Mashaal akan disebut sebagai mantan kepala kantor biro politik Hamas,” ujar Khaled Mashaal mengisyaratkan dirinya tidak akan maju dalam pemilu mendatang.

Dijadwalkan akan digelar pada bulan April tahun 2017 mendatang,  setiap 4 tahun sekali Hamas menggelar pemilihan internal secara rahasia untuk memilih anggota dan kepala biro politik yang baru.

Dalam pemilihan ini organisasi tidak akan mengumumkan siapa saja nama kandidat calon yang ikut mengajukan diri hingga hari H pemilihan baru akan di umumkan.

Rekonsiliasi politik dengan Otoritas pemerintah Mahmoud Abbas akan menjadi tantangan utama kepala biro politik Hamas selanjutnya untuk menyatukan perjuangan seluruh bangsa Palestina melawan penjajah Zionis Israel. (Anatolia/Ram)