Mendagri Israel Dilempar Batu di Yerusalem

Radio Israel pada Senin malam kemarin (24/5) melaporkan bahwa para pengunjuk rasa warga yahudi ultra ortodoks melemparkan batu kearah menteri kabinet Israel, Eli Yishai di wilayah Yerusalem.

Para penyerang, yang dikenal dengan istilah dalam agama yahudi sebagai Haredi, terus melempar batu ketika menteri itu bersembunyi dalam sebuah bangunan sebelum akhirnya diselamatkan oleh polisi.

Eli Yishai merupakan menteri dalam negeri dan seorang penganut Yahudi yang fanatik, ia datang ke Yerusalem dalam kunjungannya ke salah satu rabbi di wilayah kota suci Yerusalem.

Menurut laporan, menteri Israel ini terpaksa berlindung di dalam sebuah gedung untuk menghindari lemparan batu para pengunjuk rasa, masih belum jelas apakah Eli Yishai mengalami luka-luka dalam insiden ini.

Pelemparan batu terhadap menteri Israel bukan kali pertama terjadi, sebelumnya pada awal tahun ini tepatnya pada bulan Januari lalu, rombongan menteri keamanan Israel Yitzhak Ohronovic juga dilempar batu oleh massa pengunjuk rasa warga Palestina di kota Araba.

Penduduk Araba menyatakan bahwa para menteri Zionis Israel termasuk yang dibenci oleh penduduk kota Araba, karena menurut mereka para menteri Israel ikut bertanggung jawab atas kekerasan yang tersebar luas di desa-desa Palestina dan penyebaran senjata tanpa izin, hingga kejahatan yang terjadi di tepi Barat dan jalur Gaza.(fq/imo)