Menteri Intelejen Israel: Kemungkinan Keberhasilan Dialog Hamas-Israel Adalah kecil

Israel Minister of Finance Dr. Yuval SteinitzDialog lanjutan gencatan Gaza di ibukota Kairo yang digelar pada awal pekan ini antara pemerintah Israel dan Jalur Gaza , disebut “memiliki peluang tipis dalam mencapai solusi jangka panjang kedua belah pihak,” ujar Menteri intelejen Israel dalam sebuah tanggapannya.

Dalam keterangannya di radio publik Israel pada hari Minggu (21/09) kemarin, Menteri intelejen Yuval Steinitz mengatakan “tidak akan ada harapan besar tercapainya solusi jangka panjang kedua pihak selama Hamas tidak menerima usulan perlucutan senjata di Jalur Gaza.”

Yuval Steinitz menegaskan bahwa pelucutan senjata Hamas adalah syarat mutlak untuk upaya rekonstruksi di Jalur Gaza, “sayangnya saya tidak melihat Hamas menerima usulan ini.”

Pejabat Kairo mengumumkan pada hari Sabtu (20/09) kemarin bahwa negosiasi lanjutan Palestina-Israel akan dilanjutkan pada awal pekan ini, setelah perwakilan kedua negara mengkonfirmasi akan ikut serta dalam negosiasi tidak langsung yang ditengahi oleh pemerintah Mesir tersebut. (Alarabiya/Ram)