Para Pejabat Palestina Kecam Rencana Israel Buat Pemukiman Baru Yahudi

Pemimpin PLO Hanan Ashrawi pada Selasa kemarin (6/11) mengecam laporan tentang adanya rencana Israel untuk membangun unit pemukiman baru di Yerusalem Timur yang diduduki dan di Ariel di wilayah Tepi Barat.

“Upaya untuk membangun lebih banyak unit di pemukiman ilegal Pisgat Zeev, Ramot, dan Ariel adalah upaya sengaja untuk melanggar hukum internasional dan menghancurkan semua kesempatan untuk perdamaian,” kata Ashrawi dalam sebuah pernyataan.

“Dengan pengumuman hari ini, jelaslah bahwa tindakan tersebut sebagai tanggapan keputusan kami untuk pergi ke PBB, yang berfungsi untuk menyelamatkan proses perdamaian yang telah gagal dan mengakhiri pendudukan ilegal.

“Dengan demikian, hal ini mengirimkan pesan yang jelas kepada kedua komunitas internasional bahwa Israel lebih berkomitmen untuk mencaplok tanah Palestina daripada melakukan apapun resolusi perdamaian dengan rakyat Palestina.”

Ashrawi kemudian mendesak masyarakat internasional untuk campur tangan.

“Kami menyerukan kepada Uni Eropa, Kuartet dan anggota lain dari masyarakat internasional untuk mencegah Israel serta menghentikan semua kegiatan permukiman dan tindakan yang menentang hukum internasional serta mendukung upaya damai diplomatik untuk mencapai negara Palestina merdeka berdasarkan perbatasan tahun 1967 dengan Yerusalem Timur sebagai ibukotanya.”

Mouhammad Shtayyeh, anggota komite pusat Fatah, juga mengecam pengumuman Israel tersebut.

“Bagi mereka yang masih bertanya-tanya apakah ada usaha Israel untuk perdamaian, jawabannya telah diberikan,” kata Shtayyeh dalam pernyataan terpisah.

“Ini semua Netanyahu dan Lieberman tawarkan: Penghancuran solusi dua-negara dan pemberlakuan rezim Apartheid.”

Keputusan Israel untuk memperluas pemukiman di wilayah-wilayah pendudukan adalah alasan lain mengapa Palestina harus mengejar tawaran ke PBB, ia menambahkan.(fq/reu)