Pasca Agresi Militer, Kloter Pertama Jamaah Haji Asal Gaza Bertolak Ke Arab Saudi

haji palestina 2Sebanyak 266 calon haji asal Jalur Gaza diberangkatkan pemerintah Hamas menuju Arab Saudi melalui gerbang perlitasan Rafa di Mesir pada Kamis (18/09) pagi waktu setempat.

Dalam acara pelepasan kloter pertama asal Jalur Gaza tersebut, nampak suasana haru dan kegembiraan menyelimuti calon haji dan keluarga pengantar pasca berakhirnya agresi militer Israel ke Jalur Gaza pada 26 Agustus lalu.

Seperti dikutip kantor berita Anatoli dari direktur penyeberangan di Gaza, Maher Abu Sabha, mengatakan “kloter pertama jamaah haji telah diberangkatkan pada Kamis pagi menuju Saudi melalui perbatasan Rafah. Sisanya akan diberangkatkan dalam selama 4 hari berturut-turut.”

Di tahun 2014 Palestina mendapat jatah haji dari pemerintahan Arab Saudi sebanyak 6280 orang, 2.508 diantaranya berasal dari Jalur Gaza.

Jumlah ini belum ditambah dengan 1000 kursi yang diberikan secara gratis kepada warga Palestina, yang didedikasikan untuk keluarga korban 51 hari agresi militer Israel.

Rencananya, para jamaah haji asal Gaza ini akan terbang menuju bandara udara Internasional Jeddah melalui bandara internasional Kairo. (Rassd/Ram)