PBB: Bangunan Zionis-Yahudi di Tepi Barat Adalah Ilegal

DK PBBEramuslim.com – Sekretaris Jenderal PBB, Ban Ki-moon melontarkan melontarkan kritikan keras terhadap dilanjutkannya pembangunan permukiman Yahudi di tiga lokasi selama tiga pekan terakhir oleh pemerintah Israel, di Tepi Barat.
“Ia (Sekretaris Jenderal) kembali menyatakan permukiman itu tidak sah berdasarkan hukum internasional, dan mendesak pemerintah Israel agar menghentikan dan mengubah keputusan semacam itu demi kepentingan perdamaian dan kesepakatan status akhir yang adil,” kata seorang juru bicara PBB di dalam satu pernyataan.
Sekjen PBB itu juga kembali mengatakan bahwa masyarakat internasional tidak akan mengakui tindakan sepihak di lapangan. Dan status Jerusalem, kata juru bicara itu, hanya dapat diselesaikan melalui perundingan.
Diperkirakan akan terjadi peningkatkan pembangunan permukiman, berkurangnya kepercayaan Palestina dan suramnya prospek perdamaian setelah pengambilan sumpah pemerintah semua sayap-kanan pada Kamis (14/5) di bawah Perdana Menteri Benjamin Netanyahu.(rz)