Polisi Israel Tangkap Pimpinan Gerakan Islam Palestina

Polisi Israel menangkap pimpinan Gerakan Islam Rakyat Palestina, Syaikh Raed Salah. Syaikh Salah dan para pengawalnya ditangkap saat menghadiri sebuah pertemuan di Yerusalem Timur hari Senin kemarin.

Setelah menyerbu dan menangkap Syaikh Salah beserta para pengawalnya, polisi Israel melakukan interogasi dan menuduh Syaikh Salah bersalah karena telah menghadiri pertemuan yang digelar untuk membentuk sebuah komite yang bertujuan mendeklarasikan Yerusalem Timur (Al-Quds) sebagai "ibukota kebudayaan Arab tahun 2009." Israel memberlakukan larang keras atas pelaksanaan festival kebudataan Palestina itu.

Selain Syaik Salah, polisi Israel juga menangkap 20 orang Palestina lainnya termasuk Hatem Abdul Qadir, pejabat senior dari pemerintahan otoritas Palestina. Polisi Zionis memblokade jalan-jalan menuju Masjid al-Aqsa agar warga Palestina tidak bisa masuk ke kompleks masjid serta membakar spanduk-spanduk festival kebudayaan Palestina itu.

Syaikh Raeed Salah mengatakan, penangkapan terhadap dirinya adalah bagian dari proses untuk memperkuat kontrol orang-orang Yahudi di kota Yerusalem, kota yang berada di wilayah Palestina yang sejak tahun 1967 dirampas dan diduduki Israel. (ln/prtv)