Pejuang Palestina Balas Serangan Israel

Pejuang Palestina dari jalur Gaza menembakkan roket dan mortir Rabu ini (23/3) ke wilayah selatan Israel, menarik balasan Israel dengan melakukan serangan udara.

Kelompok pejuang Jihad Islam mengatakan mereka menembakkan roket ke empat kota Israel untuk membalas pembunuhan Israel terhadap tiga pejuang mereka dan empat warga sipil di Gaza sehari sebelumnya.

Jihad Islam mengatakan salah satu pejuang mereka tewas dalam serangan udara Israel Rabu ini (23/3), dan polisi Israel mengatakan seorang warga sipil Israel terluka oleh roket yang meledak di kota selatan terbesar Israel, Bersyeba.

Israel dan Hamas telah melakukan gencatan senjata sejak serangan militer Israel di Gaza yang berakhir pada bulan Januari 2009 lalu.

Tapi selama akhir pekan, pejuang di Gaza melancarkan serangan mortir terberat mereka terhadap Israel, menyebabkan ketegangan Israel-Palestina semakin melonjak.

Di Gaza, pemerintah Hamas mengumumkan hari berkabung nasional pada Rabu ini dan mengimbau seluruh warga Gaza untuk ikut ambil bagian dalam pemakaman warga sipil yang tewas oleh serangan Israel kemarin.(fq/ap)