Tahukah Anda Berapa Jumlah Sebenarnya Warga Palestina Saat Ini?

nakbaXdayEramuslim – Menjelang Hari Nakbah Palestina yang diperingati pada tanggal 15 Mei setiap tahunnya, kantor Biro Statistik Palestina mengumumkan bahwa hingga akhir tahun 2014 terdapat sekitar 12,1 juta warga Palestina yang menyebar di seluruh dunia.

Dalam pernyataannya pada hari Selasa (12/05) kemarin, kantor Biro Statistik Palestina menjelaskan bahwa dari 12,1 juta penduduk Palestina, sekitar 4,6 juta orang tinggal di dalam negeri dan sisanya menyebar sejumlah negara di dunia.

Dari 4,6 juta warga yang tinggal di dalam negeri sebanyak 2,8 juta orang berada di wilayah Tepi Barat, sedangkan jumlah penduduk di Jalur Gaza mencapai 1,8 juta orang.

Adapun sisanya sebanyak 7,5 juta warga Palestina sebagian besar tinggal di kamp pengungsian di Suriah, Libanon dan Yordania yang disponsori oleh PBB.

Hari Nakbah sendiri adalah hari dimana penjajah Zionis Israel mengusir 1,8 juta warga Palestina dari tanah airnya, yang kemudian dimanfaatkan untuk mendeklarasikan berdirinya negara Israel pada tahu 1948. (Aljazeera/Ram)