PBB: Milisi Syiah Irak Lakukan Kejahatan Kemanusiaan di Fallujah

milisi Syiah Irak 3Eramuslim – Organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa menuding milisi Syiah Irak telah melakukan kejahatan perang di kota Fallujah dengan membantai lebih dari 50 orang dan menahan 900 orang lebih kaum laki-laki dan anak-anak.

Penangkapan warga Sunni dilakukan oleh milisi Syiah Irak dilakukan saat pembebasan kota Fallujah pada bulan Juni kemarin, ujar delegasi tinggi PBB untuk HAM di Irak, Zaid Said al-Husein.

Zaid Said melanjutkan, “Hingga saat ini sebanyak 900 lebih warga Sunni kota Fallujah yang menyelamatkan diri keluar kota dalam pertempuran kemarin masih dilaporkan hilang.”

Menurut Zaid, pihaknya memiliki bukti otentik dimana pada awal bulan Juni kemarin sebanyak 1.500 warga sipil yang sedang melarikan diri dari perang di kota Fallujah Irak ditangkap oleh milisi Syiah Irak bentukan Iran “Brigade Hizbullah”.

Selain mendapat bantuan koalisi nternasional pimpinan Amerika Serikat dan pasukan Garda Revousi Syiah Iran, pemerintah Baghdad juga memperkerjakan milisi Syiah yang berasal dari berbagai negara untuk menyudutkan warga Sunni Irak atas nama perang melawan Negara Islam.

Perlu diketahui bahwa konflik di Irak bermula dari sikap diskriminatif mantan Perdana Menteri Nouri al-Maliki terhadap warga Sunni Irak dari tahun 2003 hingga tahun 2014. (Bbcarabic/Ram)