Pelaksanaan Nawacita: Minta Australia Danai Proyek Pulau Penampung Pengungsi

pengungsi timtengEramuslim – Sikap tidak bersahabat terhadap pengungsi kembali diperlihatkan pemerintah Indonesia di bawah pemerintahan Presiden Jokowi, setelah Menlu Retno Marsudi meminta pemerintah Australia membiayai penuh proyek perpindahan pengungsi.

“Pemerintah Indonesia siap menyediakan sebuah pulau untuk penampungan sementara bagi para pencari suaka yang ingin menuju Australia, asalkan pemerintah Abott berjanji sepenuhnya membiayai proyek tersebut,” ujar Menlu Retno Marsudi dalam keterangannya hari Sabtu (21/11) kemarin.

Menlu Retno Marsudi melanjutkan, “Usulan menyediakan pulau dengan dilengkapi lampu mercusuar agar memudahkan para pengungsi tidak tersesat adalah sebuah rencana yang bagus, akan tetapi ini akan meningkatkan jumlah pencari suaka,” dimana Indonesia enggan menanggung biaya tersebut.

Perlu diketahui pemerintah Jokowi pada pertengan tahun ini sempat menolak masuk pengungsi Rohingya yang tersasar dalam perjalanannya menuju Australia, sebelum akhirnya Pemda Aceh menerima ratusan pengungsi tanpa terlebih dahulu berkoordinasi dengan pemerintah pusat. (Skynewsarabia/Ram)