Pemerintah Baghdad Minta AS Tambah Jumlah Penasehat Militer Yang Bertugas Di Irak

tentara ASSeorang pejabat senior di pemerintahan Amerika mengungkapkan adanya permintaan pemerintah Baghdad untuk mengirimkan tambahan penasihat militer AS, untuk membantu pasukan pemerintah dalam perang melawan ISIS.

Dalam keterangan pejabat yang tidak mau disebutkan namanya tersebut hari Selasa (21/10) kemarin menyatakan “permintaan tersebut telah diajukan secara resmi oleh pemerintah Baghdad dalam pertemuan yang diselenggarakan Deputi Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih, Anthony Blinken dan pejabat AS lainnya dengan para pejabat senior Baghdad pada pekan lalu selama kunjungan mereka ke Irak.”

Tercatat hingga kini terdapat sekitar 1.400 penasehat militer AS yang kini bertugas di Irak.

Pejabat tersebut menjelaskan bahwa setiap penasihat militer dikirim terbatas pada memberikan nasihat dan bantuan kepada rakyat Irak dan pasukan pemerintah yang terlibat dalam pertempuran melawan ISIS.

Menurutnya perang melawan milisi ISIS di Irak akan membutuhkan waktu beberapa tahun ke depan, terlebih untuk mengembalikan kota Mosul dan provinsi Al-Anbar di Irak yang kini dikuasai oleh kelompok bersenjata. (Alarabiya/Ram)