Perang Global Melawan IS(IS), Bisnis Senjata Amerika Meningkat

Iraqi Army soldiers work in a Russian-made multiple rocket launcher known as the TOS-1A during training at a military camp in BaghdadSeorang pejabat Amerika Serikat mengungkapkan transaksi penjualan senjata sebesar 600 juta dolar AS kepada pemerintah Baghdad, guna membantu pasukan mereka dalam perang melawan ISIS di utara dan barat Irak.

Pejabat yang tidak mau disebutkan idenstitasnya tersebut menyatakan ”pembelian senjata mencakup 46 ribu roket anti-tank 120mm AS Abrams dengan sejumlah bantuan logistik dan teknis, serta mempercepat penjualan roket Hellfire dan helikopter tempur buatan AS.”

Hal senada juga diungkapkan juru bicara Kementerian Luar Negeri AS, Marie Harff, dalam pertemuan dengan wartawan hari Selasa (21/10).

Marie Harff mengatakan “ini adalah bagian dari proyek kami untuk mengirim peralatan pertahanan kepada pemerintah Irak dalam pertempuran melawan organisasi ISIS.”

Sebelumnya pada hari Senin (20/10) Kementerian Luar Negeri AS sepakat untuk menjual senjata kepada pemerintah Irak, seperti peluncur anti-tank, senapan mesin, granat dan lainnya, ujar juru bicara Pentagon Kolonel Marinir John Kirby saat konferensi pers. (Alarabiya/Ram)