Perangi Islamophobia, Masjid di Inggris Adakan Dialog Keagamaan

A general view of the Islamic Centre inEramuslim.com – Muslim Council of Britain menyatakan bahwa setiap masjid di Inggris akan membuka pintu bagi publik yang ingin mengenal Islam lebih dalam, sebagai bagian dari upaya melawan Islamophobia paska tragedi berdarah di Perancis beberapa waktu lalu.

Dewan Muslim Inggris akan mengkhususkan hari Minggu sebagai hari kunjungan kepada mereka yang ingin mengetahui tentang Islam dan ajarannya yang dibawa oleh Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi wassalam.

Selain itu Dewan Muslim Inggris berencana akan mengundang para pemimpin agama lain untuk berkumpul di masjid untuk berdialog tentang kedamaian diantara agama, sekaligus sebagai upaya menunjukkan persatuan dan solidaritas antar umat beragama.

Sedikitnya 15 akan ikut berpartisipasi dalam program yang digalakan Muslim Council of Britain untuk mengenalkan Islam.

Paska serangan beradrah yang menewaskan 17 di Perancis pada awal Januari lalu, pemerintah Inggris mengirimkan pesan kepada imam- imam masjid untuk melakukan upaya lebih lanjut mencegah ekstremisme di kalangan umat Islam.

Dalam surat yang di edarkan oleh Menteri Komunitas, Eric Pickles, mengatakan, “Di depan Anda kini ada kesempatan berharga untuk menjelaskan bagaimana agama Islam bisa menjadi bagian identitas bangsa Inggris.”

Dalam sensus terakhir di tahun 2011 lalu, tercatat Muslim di Inggris mencapai 2,660,116 orang atau sekitar 5,02% dari total penduduk Inggris.

Sebelumnya pada akhir Desember 2014 lalu, seorang Profesor demografi di Universitas Oxford, Prof David Coleman, mengatakan bahwa Muslim akan menjadi mayoritas warga Inggris dalam kurun waktu 10 tahun mendatang. (Skynewsarabia/Ram)

——————

Artikel ini bekerjasama dengan Eramuslim Digest :

Resensi Buku : Jejak Berdarah Yahudi Sepanjang Sejarah , Eramuslim Digest