Perangi Kelompok Islam, AS Kembali Sogok Mesir Dengan 8 Jet Tempur F-16

File photo of a F-16 jet fighter flying over the NATO airbase in AvianoEramuslim – Seorang pejabat tinggi militer Mesir menyatakan bahwa negaranya akan kembali menerima 8 jet tempur jenis F-16 pada akhir bulan Juli ini, sebagai bagian dari bantuan militer tahunan yang biasa diberikan Amerika Serikat.

Dalam keterangannya kepada koresponden Sky News Arab, pejabat militer yang tidak mau disebutkan namanya tersebut mengatakan, “Selain 8 pesawat jet tempur F-16, Amerika Serikat juga akan memberikan 4 helikopter jenis Apache kepada kami dalam 2 bulan kedepan.”

Ini adalah bantuan militer kedua yang diterima pemerintah kudeta militer Mesir dalam kurun waktu 1 tahun terakhir. Sebelumnya pada akhir Desember tahun 2014 pemerintah Mesir juga telah menerima 10 helikopter Apache dari Amerika Serikat, pasca dicabutnya larangan bantuan militer yang dikeluarkan pemerintah Washington setelah kudeta militer Presiden Mursi tahun 2013 lalu.

Amerika serikat beralasan bahwa bantuan militer ini ditujukan untuk membantu Mesir menghadapi kelompok bersenjata di wilayah Semenanjung Sinai utara. (Skynewsarabia/Ram)