PM Kanada: Burkini Adalah Hak Setiap Individu Yang Di Jamin Konstitusi

baju renang muslimahEramuslim – Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau menegaskan bahwa memakai pakaian renang tertutup (Burkini) adalah hak asasi seseorang untuk menjalankan ajaran agamanya yang dijamin dalam konstitusi suatu negara maupun internasional.

Pernyataan ini dikatakan PM Justin Trudeau menanggapi wacana pelarangan penggunaan pakaian renang Islami di sejumlah negara-negara Eropa, khususnya Perancis.

“Menerima seseorang berarti kita harus menerima haknya untuk bebas eksis, akan tetapi tentunya hal ini tidak akan menimbulkan kondisi tertentu yang mengganggu ketertiban dan keamanan,” ujar PM Justin Trudeau.

Ditanya mengenai perdebatan pelarangan pakaian renang Muslimah “burkini” di sejumlah wilayah Perancis, PM Justin Trudeau menyerukan para pemimpin di negara tersebut untuk menghormati hak-hak individu dan pilihannya, karena hal tersebut adalah prinsip yang harus dipegang teguh.

Sementara itu menanggapi permintaan pelarangan burkini di Quebe oleh sejumlah anggota parlemen Kanada, PM Justin Trudeau menjawab, “Seperti biasa pasti akan terjadi kontroversi di sana-sini, dan diskusi mengenai masalah ini akan terus berlanjut. Akan tetapi Kanada harus memiliki sikap toleransi melebihi yang lain.” (Rassd/Ram)

Berikut 3 wilayah di Perancis yang melarang penggunaan Burkini di tepi pantai dan kolam renang:

1. Kota Sisco

2. Kota Cannes

3. Kota Villeneuve-Loubet