Putin: Rusia Belum Tertarik Gelar Operasi Militer Di Suriah

putin-glasses-_2638080bEramuslim – Presiden Rusia Vladimir Putin menegaskan bahwa negaranya saat ini belum berniat untuk mengirimkan tentara darat mereka untuk ikut terjun berperang membantu pasukan rezim Bashar Al Assad di Suriah.

Pernyataan ini dikatakan Putin dalam wawancaranya dengan stasiun televisi CBS dan BBC di Amerika Serikat pada hari Minggu (27/09) kemarin, menaggapi ratusan personel militer Rusia yang kini telah berada di ibukota Damaskus dan sekitarnya.

“Tujuan kehadiran militer Rusia adalah untuk mendukung pemerintah Presiden Bashar al-Assad melawan kelompok pejuang Islam bukan terjun langsung berperang di Suriah, ” ujar Putin menjelang pertemuannya dengan Obama di sela sidang umum Majelis PBB pada hari Senin (28/09).

Vladimir Putin melanjutkan, “Saat ini kami tidak berencana untuk ikut terjun berperang digaris terdepan bersama tentara pemerintah untuk melawan kelompok pejuang Islam.”

Perlu di ingat bahwa sejak 2 bulan terakhir Rusia gencar mengirimkan persenjatan baru ke Suriah, setelah sejumlah survei dan pernyataan pemimpin revolusi yang menyebut Assad kini hanya mengontrol 18% dari wilayah Suriah. (Almasryalyoum/Ram)