Ralat Laporan, PBB Perkirakan Jumlah Korban Tewas Dalam Konflik Yaman Capai 10 Ribu Orang

Yaman ChildrenEramuslim – Organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa menyatakan bahwa jumlah korban tewas di Yaman selama 18 bulan terakhir mencapai angka 10 ribu orang, atau 2,5 kali lipat lbih banyak dari jumlah yang diumumkan kantor HAM PBB pada pekan kemarin.

“Jumlah korban yang diterbitkan kantor HAM PBB pada pekan lalu terbatas berdasarkan informasi dari organisasi bantuan dan fasilitas medis di sejumlah tempat,” ujar delegasi Koordinasi Urusan Kemanusiaan PBB, Jimmy Mc Goldrick, di ibukota Sana’a pada hari Selasa (30/08).

Jimmy melanjutkan, “Jumlah sebenarnya korban lebih besar dari angka yang diterbitkan kantor HAM PBB sebesar 3.799 warga sipil tewas. Hal ini dikarenakan banyak daerah di Yaman tidak memiliki fasilitas medis, serta menguburkan korban tewas akibat serangan brutal pemberontak Houthi tanpa adanya keterangan surat-surat resmi.”

Dalam konferensi pers tersebut, Jimmy Mc Goldrick tidak memberikan rincian lebih detail berapa angka sebenarnya korban tewas dalam konflik bersenjata di Yaman.

Kamis 25 Agustus 2016, Kantor Hak Asasi Manusia melaporkan bahwa dalam 18 bulan terakhir sebanyak 3.799 warga sipil tewas dan 6.711 lainya terluka sejak dimulainya operasi militer koalisi regional Arab melawan pemberontak Syiah Houthi pada 26 Maret 2015.

Konflik bersenjata di Yaman bermula saat pemberontak Syiah Houthi mengambil alih ibukota Sana’a pada bulan Januari 2015, dan resmi melengserkan Presiden sah Abed Rabbo Mansur Hadi 2 bulan kemudia. (Bbcarabic/Ram)