Robert Worth: Akhir Perang Suriah Adalah Pembagian Wilayah Antara Syiah-Islam, dan Kurdistan

Robert WorthEramuslim – Analis sekaligus penulis buku kenamaan “The Middle East in Turmoil From Tahrir Square to ISIS”, Robert Worth, menekankan bahwa di masa mendatang Suriah akan tetap terbagi untuk 3 kelompok sekterian, baik Syiah yang dipimpin Assad mapupun Sunni dan Suku Kurdistan Suriah.

Pernyataan ini dikatakan Robert Worth dalam wawancaranya dengan saluran televisi CNN pada hari Sabtu (28/05) kemarin, menanggapi 6 tahun Musim Semi Arab yang berlangsung sejak tahun 2011 lalu.

“Saya memprediksi di masa mendatang bahwa Suriah akan terbagi menjadi 3 wilayah. Kawasan barat akan dikuasai oleh Syiah Assad ataupun penggantinya yang masih menjadi boneka Iran, kawasan utara untuk suku Kurdistan Suriah dan kawasan Tengah hingga selatan yang identic dengan kemiskinan bagi kelompok Islam Sunni,” ujar Robert Worth.

Robert Worth melanjutkan, “Pertanyaan penting setelah berakhirnya perang melawan Negara Islam di Suriah adalah tetap menuju siapa yang akan berkuasa ataupun memimpin Suriah?.”

“Ya untuk menunggu jawaban di atas tentunya kita harus menunggu untuk waktu yang lama sampai Rusia, Amerika Serikat, Syiah Iran dan negara anggota koalisi internasional berhasil mengalahkan Negara Islam atau mungkin kelompok mujahidin Suriah,” tutup Robert Worth. (Cnnarabic/Ram)