Saingin Indonesia, Turki Perkenalkan ChocoTin Sebagai Kuliner Baru Di Bulan Suci Ramadhan

ChocoTinEramuslim – Tidak hanya di Garut, Indonesia, yang memiliki makanan khas Chocodot yang berisi cokelat dengan dodol dalam 1 produk kemasan. Di Turki ChocoTin menjadi idola kuliner baru yang mulai dikenal pada bulan suci Ramadhan tahun 1437 Hijriyah.

Dijual dengan banderol harga sekitar 69 lira Turki (sekitar $ 24), ChocoTin yang berisi buah Tin kering yang dilapisi dengan cokelat kini mampu menembus pasar ekspor hingga ke Arab Saudi dan Qatar.

Menurut keterangan Janeiro Achilak, direktur pengeringan buah Tin di negara bagian Aydin, Turki barat, kepada Anatolia mengatakan, “Terjadi peningkatan ekspor buah Tin kering ke luar mencapai angka 57-61 ribu ton, meningkat hampir 2 kali lipat ditahun 2016 jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.”

Tercatat Cina, Taiwan, Malaysia,dan  Singapura menjadi sejumlah negara dikawasan Asia yang menjadi sasaran ekspor buah Tin kering.

Janeiro Achilak melanjutkan, “Hal inilah yang menyebabkan dirinya mulai membuat kuliner alternatif berbahan dasar buah Tin kering agar memiliki harga ekonomis yang lebih tinggi.”

Janeiro mengaku bahwa hanya di bulan puasa tahun 1437 Hijriyah ini dirinya telah mengirimkan 2 kontainer ChocoTin hanya ke pasar Arab Saudi dan Qatar. (Anatolia/Ram)