Saingin Terusan Suez Mesir, Tiongkok Bangun Jalur Kereta Api Yang Menghubungkan Cina-Jerman

peresmian jalur kereta cina-jermanEramuslim – Membajak kesuksesan Mesir membangun jalur perdagangan internasional Terusan Suez, Selasa 4 Agutus 2015 pemerintah Cina mengumumkan pembangunan rel kereta api terpanjang di dunia yang akan menjadi jalur ekonomi darat terpanjang di dunia.

Seperti dilansir surat kabar Rassd dari kantor berita Wai Arabi menyatakan bahwa jalur kereta api yang akan dibangun pemerintah Cina memiliki panjang 11 ribu kilometer yang akan menghubungkan antara Cina dan Eropa.

Jalur ini nantinya akan melewati sekitar 6 negara-negara Eropa dan tiga negara Asia, yang membentang dari kota Hunkinj di Cina ke kota Duisburg di Jerman.

Dalam peresmiannya pemerintah Tiongkok berharap bahwa jalur darat ini dapat lebih mempercepat arus perdagangan diantara Cina dan Eropa, serta negara-negara lainnya yang dilewati rute ini seperti Kazakhstan, Rusia, Belarus dan Polandia, serta diyakini memiliki waktu tempuh lebih cepat dan efesian jika dibandingkan dengan menggunakan jalur laut yang melewati Terusan Suez.

Ini adalah proyek raksasa kedua pemerintah Tiongkok setelah pada bulan Desember tahun 2014 lalu mereka baru saja membuka jalur darat yang menghubungkan Cina hingga kota Madrid di Spanyol. (Rassd/Ram)

Berikut cuplikan video tersebut;

https://youtu.be/kulgo3PuZSI