Sebut Jubir Kremlin Pembohong, Turki Bantah Erdogan Telah Meminta Maaf Kepada Rusia

Su-24 downedEramuslim – Selasa 28 Juni 2016, seorang sumber di kepresidenan Turki membantah berita mengenai permintaaan maaf Presiden Erdogan kepada Vladimir Putin, dan menyebut pernyataan juru bicara Kremlin Dmitry Peskov sebagai kebohongan publik yang dikarang oleh Rusia.

“Tidak ada permintaan maaf kepada pemerintahan Rusia yang dibicarakan oleh jubir Dmitry Peskov. Erdogan hanya menyampaikan duka yang mendalam dan berbelasungkawa kepada keluarga pilot Rusia yang tewas, dan bukan kepada pemerintah Moskow,” ujar sumber kepresidenan Turki yang minta dirahasiakan identitasnya.

Sumber tersebut menekanakan bahwa surat permintaan maaf tersebut ditujukan kepada keluarga pilot dan bukan negara Rusia, seperti dilansir Anatolia.

Selasa 24 November 2015 sebuah jet tempur Rusia Su-24 ditembak jatuh F-16 milik Turki setelah terbukti melanggar wilayah perbatasan Turki-Suriah.

Setelah insiden penembakan tersebut Rusia segera memberlakukan sanksi perdagangan, boikot penerbangan ke Turki hingga adanya permintaan maaf dari pemerintahan Erdogan atas insiden penembakan tersebut. (Bbcarabic/Ram)