Setelah 4 Dekade, Akhirnya Muslim Slovenia Miliki Masjid Dan Islamic Center Di Tahun 2016 Mendatang

peletakan batu pertama masjid sloveniaEramuslim – Penantian panjang Muslim Slovenia selama 4 dekade terakhir untuk memiliki sebuah Islamic Center lengkap dengan Masjid Jami akhirnya dapat terwujud setelah pada hari Jum’at (25/07) pekan kemarin, Asosiasi Muslim Slovenia bersama pemerintah meresmikan pembangunan Islamic Center.

Seperti dilansir situs onislam.net dalam pemberitaannya pada awal pekan ini menyatakan bahwa pembangunan akan dimulai pada bulan November mendatang, dan diharapkan pada tahun 2016 mendatang umat Islam di Slovenia sudah dapat melaksanakan ibadahnya di Masjid Jami.

Menurut informasi yang diperoleh onislam.net menyatakan bahwa pembangunan Masjid senilai 12 juta Euro (15,9 juta dolar) di ibukota Ljubljan terdiri dari sebuah Masjid Jami, pusat budaya, perpustakaan dan ruang belajar, dengan 70% dana diantaranya ditanggung oleh pemerintah Qatar.

Sebelumnya umat Muslim pernah memiliki sebuah Masjid di wilayah log Pod Mangartom, sebelah tenggara Slovenia, akan tetapi Masjid tersebut hancur pada tahun 1916 akibat perang dunia pertama yang melanda negara-negara Eropa dan dunia.

Data statisik terakhir menyatakan bahwa dari skeitar 2 juta penduduk Slovenia, ada sekitar 47 ribu Muslim yang kebanyakan mereka tinggal di wilayah ibukota Ljubljan dan hingga kini belum memiliki sebuah Masjid Jami. (Onislam/Ram)