Setelah Mesir, Kini Giliran Jordania Di dekati Zionis Israel

peta JordaniaEramuslim – Profesor Studi Timur Tengah di Tel Aviv University, Profesor Eyal Zisser, mengungkapkan bahwa Zionis Israel kini tengah berupaya menjalin kerjasama keamanan dengan pemerintah Jordania, ditengah kemampuan negara kecil tersebut menghadapi guncangan di Timur Tengah.

“Meskipun tidak sekuat Suriah dan Irak yang dipimpin diktator Syiah Assad dan Saddam Hussein, akan tetapi Jordania mampu tegar berdiri menghadapi kondisi yang terjadi di Timur Tengah,” tulis Profesor Eyal Zisser dalam artikelnya.

Profesor Eyal Zisser melanjutkan, “Banyak alasan mengapa selama ini Jordan menikmati stabilitas keamanan di kawasan Timur Tengah, salah satunya adalah lokasinya yang  strategis dan menjadi penyangga yang memisahkan antara Suriah, Irak, Arab Saudi dan Israel. Ini tentunya mejadikan negara-negara tetangga Jordania harus menjaga stabilitas di daerah perbatasan masing-masing, dan akan sangat menguntungkan bagi Jordania.”

Akan tetapi permasalahan krisis ekonomi yang dialami Jordania dalam beberapa tahun terakhir, serta ditambah dengan aliran arus pengungsi yang berasal dari Irak dan Suriah, telah menjadi pertimbangan Zionis Israel untuk memperdalam kerjasama keamanan dengan pemerintah Jordania seperti yang dilakukan dengan pemerintah kudeta Mesir. (Aljazeera/Ram)