Singapura Air Show 2014, Israel Pamerkan Iron Beam (Sistem Pencegah Rudal Dan Roket Jarak Pendek Baru)

Iron BeamPerusahaan senjata Israel mengumumkan pengembangan teknologi sistem perisai rudal lokal baru hasil bernama Iron Beam, yang merupakan hasil pengembangan teknologi persenjataan militer dalam negeri pada pameran Singapura Air Show 2014.

Iron Beam merupakan sebuah perisai rudal lokal yang mengandalkan teknologi laser seperti teknologi sistem pertahanan yang digunakan dalam film serial terkenal Amerika Star Wars.

Seperti dilansir surat kabar Haaretz dari perusahaan Rafael Advance Defense Systems, menyatakan “kami telah memamerkan sistem rudal tersebut dalam acara Singapore Air Show 2014, yang merupakan pameran terbesar teknologi pesawat udara di Asia.”

Sementara juru bicara perusahaan Amit Zimmer mengatakan , “ini sangat mirip dengan apa yang anda lihat di Star Wars, di mana anda dapat melihat sinar laser bergerak menuju target seperti flash dan kemudian target tersebut telah hancur.”

Sitem pertahanan ini dikhususkan untuk mencegah rudal jarak pendek, pesawat tanpa awak, dan lontaran mortir, akan tetapi sistem ini tidak dapat mencegah rudal yang berada di ketinggian seperti dalam sistem Iron Dome milik Amerika.

Dalam uji coba yang dilakukan, Rafael Advance Defense Systems mengklaim berhasil menjatuhkan 90 % dari target uji coba dan dapat digunakan untuk menjatuhkan multi target.

Seorang ahli ilmu militer di Royal Institute of United Services mengatakan “bahwa sistem Iron Beam mungkin menjadi tambahan yang efektif untuk pertahanan Israel mencegah tembakan mortir dan roket jarak pendek dari Palestina.” (inewsarabia/Ram)