Snowden: Intelijen Inggris Mampu Menyadap Setiap Telepon Pintar di Dunia Ini

Eramuslim.com – Mantan kontraktor badan keamanan nasional (NSA) Amerika Serikat (AS) yang menjadi whitesblower, Edward Snowden, menegaskan jika badan intelijen Inggris (The Government Communications Headquarters/GCHQ) bisa menyadap ponsel tanpa sepengetahuan pemiliknya.

Berbicara dengan latar belakang pemandangan kota Moskow, Snowden mengatakan kepada BBC bahwa GCHQ memiliki kekuatan menyadap ponsel tanpa sepengetahuan pemiliknya. Menurutnya, GCHQ bisa mendapatkan akses ke handset dengan mengirimkan pesan teks terenkripsi dan menggunakannya untuk hal-hal seperti mengambil gambar. Dia tidak menjelaskan, bahwa baik GCHQ atau NSA tertarik untuk memantau komunikasi pribadi warga. Namun, kata dia, kedua lembaga tersebut telah berinvestasi dalam teknologi yang memungkinkan mereka untuk membajak telepon pintar.

“Mereka ingin memiliki ponsel Anda, bukan Anda,” katanya seperti dikutip dari laman BBC (6/10).

Snowden menyebut teknologi penyadapan GCHQ sebagai “Smurf Suite”. Dia menjelaskan, Dreamy Smurf adalah manajemen alat yang mengubah telepon Anda dan mati saat Anda mengetahuinya.

“Nosey Smurf adalah alat mic. Misalnya di dalam saku Anda, GCHQ dapat menghidupkan mikrofon dan mendengarkan segala sesuatu yang terjadi di sekitar Anda. Bahkan jika ponsel Anda dimatikan, mereka punya alat-alat lain untuk menyalakannya ari jarak jauh berpanduan satelit,’’ ujarnya.

Sementara Tracker Smurf adalah alat geo-lokasi yang memungkinkan GCHQ untuk mengikuti Anda dengan presisi yang lebih tepat daripada yang Anda akan mendapatkan triangulasi khas menara ponsel. Snowden juga menyebutkan alat yang dikenal sebagai Paronoid Smurf.