Sunday Times: Intifadah 2014 Adalah Kesalahan Pemerintah Israel

intifadah palestina 2014Surat kabar asal Inggris, Sunday Times, dalam salah satu artikel terbitanya hari Minggu (23/11) kemarin menyatakan bahwa api intifadah Palestina yang kini bergejolak di kota Yerusalem dan Tepi Barat adalah buah kesalahan dari pemerintah Israel.

Sunday Times menyebut bahwa aktifitas penyerbuan kelompok ekstrimis Yahudi ke Masjid al Aqsha dalam kurun waktu 2 bulan terakhir menjadi pemicu meningkatnya benterokan yang terjadi di wilayah palestina.

Dalam artikelnya, Sunday Times menyebut prosedur pemerintah Israel untuk mengatasi serangan warga Palestina terhadap warga Yahudi tidak akan berhasil, akan tetapi justru meningkatkan eskalasi serangan dan menimbulkan aksi balasan selanjutnya.

Perlu diketahui bahwa pemerintah Israel memerintahkan menembak mati pelaku penyerangan terhadap warga Yahudi dan menghancurkan tempat tinggal pelaku untuk menakuti warga Palestina.

Tercatat pemerintah Israel mempermudah warganya untuk membawa senjata, pasca tewasnya 5 warga Yahudi dan 9 orang lainnya terluka, dalam insiden penyerangan terhadap sebuah Sinagog Yahudi di kota Yerusalem pada Selasa (18/11) pekan lalu. (Rassd/Ram)