Swedia Akhirnya Secara Resmi Akui Palestina Sebagai Negara Merdeka dan Berdaulat

Solidarity With Gaza Around The World Swedia 1Menteri Luar Negeri Swedia, Margo Wallstrom, pada Kamis (30/10) mengumumkan bahwa negaranya secara resmi mengakui Palestina sebagai negara merdeka dan berdaulat.

Dalam pernyataan Margo Wallstrom yang dilansir surat kabar Dagens Nyheter mengatakan “pemerintah Swedia memutuskan pada hari Kamis untuk mengakui negara Palestina, karena ini merupakan langkah penting bagi Palestina untuk menentukan nasibnya sendiri.”

Menlu Swedia menambahkan “pemerintah menganggap bahwa standar hukum internasional untuk mengakui Palestina sebagai sebuah negara telah dipenuhi, seperti rakyat, pemerintahan dan tanah walaupun saat ini masih dalam proses demarkasi perbatasan dengan Israel.”

Menurut Otoritas Palestina, negara yang mengakui Negara Palestina berjumlah 134 negara, termasuk tujuh anggota negara-negara Uni Eropa, seperti Republik Ceko, Hungaria, Polandia, Bulgaria, Rumania, Malta dan Siprus.

Perlu diketahui bahwa Perdana Menteri, Stefan Leuven, mengumumkan dalam pidatonya pada awal Oktober lalu, bahwa Swedia akan mengakui negara Palestina. (Almasryalyoum/Ram)