Syiah Iran Diam-Diam Kirim Unit Komando ke Suriah, Namun Tak Pernah Menang Perang

Baret Hijau Syiah IranEramuslim – Tidak hanya mengerahkan pasukan khusus Garda Revolusi Syiah Iran ke Suriah, pemerintah Teheran dikabarkan telah mengirimkan unit komando elit “Baret Hijau” untuk membantu rezim Syiah Assad merebut kembali kota-kota yang dikuasai kelompok mujahidin Suriah. Walau dikatakan elit, namun pasukan Iran tida pernah menang dalam perang atau pun pertempuran.

Seperti dilansir surat kabar Mashreq News Iran dalam terbitannya hari Rabu (06/04) kemarin menyatakan bahwa unit komando elit “Baret Hijau” telah tiba di kota Al Khadir wilayah pinggiran Aleppo pada Selasa (05/04) malam waktu Suriah.

Dari keterangan sumber yang minta dirahasiakan namanya kepada Mashreq News Iran mengatakan bahwa tujuan utama dari keberadaan unit komando elit Syiah Iran di kota Zorba dan Icarda, Khan Tuman Aleppo dan Al Khadir adalah untuk memutus jalan yang menghubungkan antara provinsi Aleppo dan Damaskus.

Sumber tersebut menerangkan bahwa ini dilakukan untuk menekan jajaran pejuang mujahidin Suriah di wilayah pinggiran provinsi Damaskus yang sangat bergantung dari suplai persenjataan dan makanan dari wilayah penyangga ibukota.

Perlu diketahui bahwa sebelum kedatangan intervensi Rusia pada 30 september 2015 kemarin, pemerintah Syiah Iran adalah pelindung dan pembantu utama rezim Syiah Assad dari kepungan kelompok mujahidin Suriah. (Alarabiya/Ram)