Mau Lihat DNA Anda Sendiri, Ini Cara Yang Mudah

0385500580.01.LZZZZZZZEramuslim.com – DNA (Deoksi Ribo Nukleat), merupakan rantai kehidupan terkecil yang berisi sejumlah kode (A,G,C,dan T) yang membentuk keseluruhan organ setiap manusia. DNA tiap orang berbeda dan sangat unik. Orang umum menyebutnya Gen atau Genetika.

Semua orang sebenarnya bisa dengan mudah melihat DNA-nya sendiri tanpa melalui proses laboratorium yang biasanya sangat rumit. Doktor Dean Hamer dalam bukunya “The God Gene, How Faith is Hardwired into Our Genes” (Random House, 2004) telah memberikan panduan sederhana untuk itu. Caranya adalah:

  • Ambil beberapa tetes darah atau bisa juga ludah satu sendok teh,
  • Uraikanlah darah atau ludah itu dengan menambahkan sedikit deterjen biasa, oOrang-orang laboratorium biasa menggunakan sodium dodecil sulfat murni, namun shampo yang dijual di toko-toko juga sama baiknya,
  • Setelah itu hilangkan protennya dengan menambahkan sedikit garam meja sampai muncul endapan besar yang berwarna keruh,
  • Lalu tuangkan endapan itu ke kertas penyaring kopi atau teh,
  • Pada hasil saringan bening itu tambahkan empat bagian vodka dan taruhlah di freezer,
  • Tunggu sekitar satu jam, DNA akan muncul dan tampak dalam bentuk jalinan benang-benang putih seperti sutera. Benag-benang putih ini dapat dililitkan ke sebatang pengaduk dari kaca, lalu keringkan dengan hairdryer. Kemudian larutkan dengan segelas air. Nah, itulah DNA Anda, saudara kembar yang terkecil dari tubuh Anda! (Rizki Ridyasmara).