Misteri Dibalik Cincin Viking Bertuliskan Allah

safe_imageEramuslim.com – Cincin dengan batu mulia ungu bertulisan lafal ‘Allah’ ditemukan oleh peneliti dari Universitas Stockholm, Swedia di makam para Viking abad ke-9.

Menurut laporan Daily Mail mengutip Science News, Selasa 17 Maret 2015, cincin yang diduga sudah berumur lebih dari 1.000 tahun ini ditemukan pada saat penggalian di pusat perdagangan Viking, tepatnya di Birka, Swedia.

Para peneliti harus menggunakan mikrosop elektron scanning untuk mengungkap bahan dan tulisan yang tertera pada cincin tersebut. Dari situ baru terlihat jelas terdapat tulisan kuno Arab atau yang disebut Kufi, yakni ‘for Allah’ atau ‘to Allah’.

Diduga cincin itu jarang digunakan. Karena masih terlihat jelas tanda-tanda perak pada cincin itu. Kemungkinan cincin ini dijadikan hadiah kepada wanita Viking yang dikuburkan di Birka.

Temuan itu menjadi indikasi pada zaman dahulu ada jalinan komunikasi antara para Viking dengan dunia Islam dalam urusan perdagangan, tulis peneliti dalam jurnal Scanning. “Dan ini menjadi satu-satunya cincin dengan tulisan Arab yang ditemukan di situs arkeologi Skandinavia. Ini merupakan objek yang unik.”

Viking adalah suku bangsa Skandinavia yang berprofesi sebagai pedagang dan peladang. Namun, mereka terkenal sebagai perompak jika gagal dalam berniaga. Uniknya, dalam zaman modern sekarang ini, ratusan keturunan bangsa Viking turut serta bergabung dengan para Mujahidin Daulah Islam di Irak dan Suriah. Baca selengkapnya di:

Ratusan Prajurit Viking Bergabung Dengan Daulah Islamiyah(rz)